Tim Putri Amerika Serikat Juara CONCACAF 2018

149
Tim Putri Amerika Serikat Juara CONCACAF 2018
Foto: Dok. ussoccer.com

[dropcap]T[/dropcap]im Putri Amerika Serikat Juara CONCACAF 2018 – Tim nasional putri kembali menunjukkan kekuatannya ketika sukses merengkuh gelar terbarunya sebagai juara Kejuaraan Wanita CONCACAF 2018.

USWNT memenangkan Kejuaraan Wanita CONCACAF 2018 kemarin (18/10/2018) setelah mengalahkan negara tetangganya, Kanada 2-0 di Frisco, Texas. Dalam pertandingan antara dua tim yang telah lolos ke Piala Dunia Wanita 2019 tersebut, AS terlihat lebih tajam dan mendominasi sepanjang pertandingan.

Meski begitu, cewek-cewek Kanada susah ditaklukkan, pertahanan yang rapat serta kedisiplinan dalam menjalankan strategi, membuat gawang mereka sulit dijebol. Untung Rose Lavelle punya kesempatan untuk mencetak gol cepat di dua menit awal pertandingan.

Buktinya, anak asuh Jill Ellis begitu kesulitan menambah gol. Kembali The Stars and Stripes beruntung memiliki pemain senior berpengalaman sekelas Alex Morgan. Lewat keterampilannyalah tim USA mampu menambah kemenangan. Itu pun sudah dipenghujung laga. Tepatnya di menit ke-89.

Inferior AS semakin nyata ketika melihat statistik, dimana mereka hanya mendapatkan satu tembakan tepat sasaran dari pemain-pemain Kanada.

Tim Putri Amerika Serikat Juara CONCACAF 2018
Tim Putri Amerika Serikat Juara CONCACAF 2018

Catatan itu bukan hanya pada laga final. Sejak mengawali turnamen, tim yang dibesut pelatih berkewarganegaraan Inggris ini melewatinya dengan sempurna. Bergabung di Grup A, Julie Ertz dan kawan-kawan menuntaskan tiga laga dengan kemenangan dan mencetak 18 gol tanpa kebobolan (vs Meksiko 6-0, vs Panama 5-0, vs Trinidad and Tobago 7-0).

Di babak semifinal, USA Team mempermak runner up Grup B, Jamaika 7-0. Sebenarnya di partai puncak, kalau melihat rekor selama turnamen, Kanada adalah lawan sepadan. Tim yang diasuh pelatih Kenneth Heiner-Muller ini tidak kurang garang saat mengarungi tiga laga di Grup B (vs Jamaika 2-0, vs Kuba 12-0, Kosta Rika 3-1). Mencetak 17 gol dan hanya kebobolan 1 gol saja.

Tapi, taktik yang diterapkan pelatih Kanada yang asal Denmark itu tidak mampu meredam kelebihan skil para pemain USA. Ketinggalan oleh gol cepat, semakin menyulitkan Christine Sinclair Cs untuk memenangkan pertarungan. Mereka tidak mampu melakukan come back karena terlalu fokus untuk mengantisipasi tim lawan menambah gol.

Akhirnya gelar tahun ini menjadi tropi kedelapan bagi tim nasional putri USA. Sangat dominan, dibanding pesaing lainnya, Kanada tiga kali (1994, 1998, dan 2002 2010), dan Meksiko yang hanya sekali saja (2010).

Kita tunggu kedigdayaan tim USA di FIFA Womens World Cup 2019 yang akan digelar di Prancis. Dan sejauh mana wakil CONCACAF lainnya, Kanada dan Jamaika melangkah d turnamen terakbar milik FIFA tersebut. Tim Putri Amerika Serikat Juara CONCACAF 2018

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here