Pizarro Pencetak Gol Tertua Bundesliga

85

Claudio Pizarro bukanlah pemain biasa, dia telah memenangkan enam tropi Bundesliga dan satu tropi Liga Champions sepanjang karier emasnya. Belum lagi lima DFB Pokal, satu tropi Kejuaraan Dunia Antar Klub, dan beberapa gelar lainnya. Pizarro yang sudah melakukan debut Bundesliga dengan seragam Werder Bremen sejak Agustus 1999, pada musim ini kembali lagi ke Wesserstadion setelah sempat berseragam Bayern Munich, Chelsea, dan Cologne. Sebagai perspektif umur lamanya Pizarro merumput di Bundesliga, pemain sayap Borussia Dortmund, Jadon Sancho bahkan belum dilahirkan saat Pizarro pertama kali berbaris seragam warna hijau dan putih.

 

“Belakangan ini Pizarro memang jarang dimainkan sebagai starter tetapi untuk “saat-saat tertentu” ia “masih pemain yang sulit dipercaya,” kata Florian Kohlfeldt yang empat tahun lebih muda dari usia Pizarro.

Tetapi gol Pizarro pada Minggu (17/2/2019) untuk Werder Bremen di Stadion Olimpiade Berlin menjadi catatan istimewa bagi seorang pesepakbola seperti dirinya. Gol ke-197 di liga dan golnya yang ke-277 di segala kompetisi tersebut kembali mengangkat namanya ke permukaan. Gol penyama kedudukan saat Werder Bremen bertandang ke markas Hertha Berlin itu menetapkan mantan pemain nasional Peru ini sebagai Pencetak Gol Tertua di Bundesliga.

Usia Pizarro ketika sukses mengeksekusi tendangan bebas di penghujung masa injury time (menit 96) adalah 40 tahun 136 hari. Padahal Top Skor UEFA Cup 2009-2010 tersebut baru masuk di menit ke-61. Sebenarnya Pizarro sedikit beruntung, bola hasil tendangannya menjebol gawang Rune Almenning Jarstein setelah dua kali membentur kaki para pemain Hertha. Gol ini pun membalas gol tuan rumah yang dicetak oleh eks pemain Bremen, Davie Selke di menit ke-25.

“Saya belum pernah mencetak gol seperti itu dalam karier saya,” katanya.

“Saya hanya mencoba menembak di bawah pagar betis, karena saya tahu mereka akan melompat,” jelas Pizarro.

Gol tersebut pun menajdi sejarah dan memperbaiki rekor Bundesliga yang sebelumnya juga dipegang oleh mantan pemain Werder Bremen, Mirko Votava. Votava mencetak gol terakhir untuk Bremen saat berusia 40 tahun, 121 hari, pada tahun 1996

Namun, ada satu catatan manis Pizarro di Bundesliga yang terancam akan lepas dari genggamannya. Pizarro saat ini adalah pemegang Top Skor Non-Jerman dalam sejarah Bundesliga, tapi bintang Bayern Munich yang masih aktif bermain, Robert Lewandowski sudah mengoleksi 193. Hanya butuh lima gol lagi untuk melampaui rekor Pizarro.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here