FIFA Izinkan Modeste Main Untuk Cologne

26

Konflik antara pemain Perancis, Antony Modeste dengan klubnya, Tianjin Tianhai FC akhirnya ditengahi oleh FIFA. Pada hari Kamis (14/2/2019) FIFA akhirnya mengizinkan penyerang berdarah Martinique tersebut untuk memperkuat mantan klubnya, Cologne. Modeste pernah dua musim memperkuat klub yang sekarang bermain di 2. Bundesliga, kompetisi divisi dua di Jerman. Dia menjadi pemian yang cukup subur di Bundesliga dengan mencetak 25 gol dalam 34 pertandingan pada musim 2016/17. Kemudian memutuskan pindah ke Liga Super Cina pada Juni 2017.

Tapi pemain berperawakan kekar ini hanya bertahan semisim saja. Persoalan gaji yang tidak dibayar-bayar Tianjin Tianhai FC membuat Modeste memberontak. Dia akhirnya melakukan tindakan AWOL (absent without leave) alias pergi tanpa permisis pada klub pada Agustus 2018. Pemain berusia 30 tahun ini kembali ke Cologne dan berharap dapat meneruskan karirnya bersama mantan klubnya itu. Beruntung, pihak manajemen Koln menyodorkan kontrak pada 17 November 2018 yang mengikatnya hingga 2023.

Untuk kejernihan statusnya, pemain yang hanya pernah memakai kostum timnas Prancis U-21 itu menggugat Tianjin Tianhai FC ke FIFA. Sialnya, FIFA pada Januari 2018 memutuskan bahwa perpindahan Modeste ke Koln tidak sah karena kasusnya sudah masuk ke Dispute Resolution Chamber (Dewan Penyelesaian Sengketa)

Tapi pihak tergugat tidak tinggal. Belakangan pihak klub yang dulu bernama Tianjin Quanjian FC ini malah mengajukan gugatan balik. Di sinilah awal status Modeste menggantung.

“FA China, dengan persetujuan dari mantan klubnya Tianjin Tianhai, telah memberi Tony hak untuk bermain, itu yang paling penting” kata direktur pelaksana Cologne, Alexander Wehrle.

“Jelas kami senang dengan fakta bahwa kami tidak hanya akan dapat melihat kualitasnya dalam latihan di masa depan, tetapi ia juga bisa bermain untuk kami,” tambahnya.

Namun, sesuai arahan FIFA, meski Modeste sudah mendapat izin bermain dengan klub yang sekarang dibesut Markus Anfang. Dia tetap masih harus menyelesaikan masalah hukumnya dengan Tianjin Tianhai FC, dimana Cologne “bukan bagian dari” sengketa tersebut. Demikian pernyataan sebuah sumber di internal klub berjuluk “The Billy Goats” itu.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here