Jurgen Klopp Terancam Kena Sanksi dari FA

29
Jurgen Klopp Terancam Kena Sanksi dari FA

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp terancam kena sanksi dari FA. Otoritas sepakbola Inggris tersebut mendakwa Klopp dengan sengaja telah melontarkan sindiran kepada wasit Kevin Friend. Kejadian ini terjadi pada saat Liverpool berkunjung ke kandang West Ham United dalam lanjutan Liga Primer (4/2/2019). Bila tuduhan ini benar maka dapat dipastikan The Reds tidak didampingi Klopp saat melawat ke markas musuh besarnya, Manchester United (24/2/2019).

Seperti diberitakan Evening Standard, setelah laga yang berakhir imbang 1-1 itu Klopp mengkritisi kinerja Friend di babak kedua. Tudingan Klopp bahwa Friend telah dipengaruhi oleh kesalahan asisten wasit untuk gol pembuka Sadio Mane. Gol pembuka yang dicetak Sadio Mane memang kontroversial. Seperti terlihat di tayangan ulang, James Milner benar-benar berada dalam posisi off side ketika menerima umpan Adam Lallana. Sesaat sebelum Milner mengumpan pada Sadio Mane yang kemudian menjebol gawang Lukasz Fabianski. Peristiwa itulah yang menyebabkan Jurgen Klopp Terancam Kena Sanksi dari FA.

Sampai Gameweek ke-25 tersebut usai, perburuan gelar Liga Inggris musim ini memang semakin sengit. Apalagi kemudian Manchester City sebagai musuh terdekat saat ini berhasil mengambil alih puncak klasemen. Poin pasukan Pep Guardiola sudah menyamai raihan Liverpool berkat double game di pekan tersebut. Pool masih bisa mengambil kembali “tahta”nya karena menyisakan satu laga lebih banyak dibanding City. Kehilangan dua poin di London Stadium mungkin yang menyebabkan Klopp kesal dan mencari pelampiasan. Posisi semakin berat bila Jurgen Klopp Terancam Kena Sanksi dari FA.

“Sebagai manusia, jika saya tahu saya telah membuat kesalahan besar di babak pertama, saya tidak ingin membuka celah lagi,” kata Klopp setelah pertandingan.

“Wasit jelas adalah manusia, dan saya mengerti itu, tetapi saya tidak melakukannya selama pertandingan karena saya tidak tahu bahwa gol kami offside.”

Menurut sebuah pernyataan, Jurgen Klopp hari ini dituduh telah melanggar Peraturan FA E3 karena telah mempertanyakan “integritas” ofisial pertandingan. Dan Klopp punya waktu sampai pukul 18:00 tanggal 18 Februari 2019 untuk menanggapi tuduhan itu.

“Diduga komentar yang dibuatnya dalam wawancara pasca pertandingan menyusul pertandingan liga Liverpool melawan West Ham United pada 4 Februari 2019, melanggar Peraturan E3 (1) ketika mereka mempertanyakan integritas wasit pertandingan dan / atau bias yang tersirat.

FA selama ini memang selalu bertindak tegas bila ada ofisial tim yang bertindak berlebihan terhadap ofisial pertandingan. Karena dengan membiarkan perlakuan seperti ini terus terjadi akan menghilangkan wibawa pengadil di lapangan. Dan ini akan berfek pada kinerja para perangkat pertandingan disebabkan selalu berkerja di bawah tekanan.

Tidak sekali ini Jurgen Klopp Terancam Kena Sanksi dari FA. Sebelumnya mantan pelatih Borussia Dortmund ini juga sudah pernah melakukan pelanggaran terhadap otoritas sepakbola Inggris di musim ini. Klopp menerima denda £ 8.000 karena berlari ke lapangan setelah timnya memenangi laga derby Merseyside yang dramatis di Goodison Park, kandang, Everton. Gol semata wayang dari Divock Origi di ujung masa injury time membuat Klopp berlari-lari sampai memasuki lapangan. Atas tindakannya itu, pelatih bergaya eksentrik ini akhirnya juga meminta maaf kepada pelatih The Tofees, Marco Silva.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here