Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris

96
Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris

Tiga gol yang dilesakkan Sergio Aguero ke dalam gawang Chelsea pekan ini (10/2/2019) bukan hanya membawa Aguero memuncaki daftar top skor EPL. Aguero sekarang bersama Mohammed Salah memimpin sementara dengan 17 gol. Tapi juga menambah Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris dengan seragam Manchester City yang sudah dipakainya sejak Juli 2011. Aguero didatangkan ke Etihad Stadium dengan biaya transfer berkisar 35 juta pound. Dimana dia mendapatkan jersey bernomor punggung 16 dengan nama di belakangnya Kun Aguero. Adalah pelatih Roberto Mancini yang mengangkutnya dari klub Spanyol, Atletico Madrid. Berikut Lima Catatan Apik Aguero di Liga Primer Inggris :

#1. Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Manchester City (222)

Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris yang pertama adalah ketika dia berhasil mencetak gol ke-222 bagi Manchester City di penampilannya yang ke-322. Catatan itu diukirnya pada 1 November 2017 lalu ketika Aguero menyumbang satu gol saat City membungkam tuan rumah Napoli 4-2 di San Paulo. Pertandingan tersebut merupakan matchday 4 di Grup F Liga Champions. Jumlah gol sebanyak itu dikumpulkannya selama hampir delapan musim berseragam biru langit. Dengan catatan itu kini Aguero menorehkan diri sebagai Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Sky Blues. Mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang Eric Brook yang mencetak 177 gol. Brook mencatatnya setelah melewati 499 pertandingan antara 1927 sampai 1940.

#2. Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di Liga Inggris (160)

Tambahan tiga gol Aguero kala melawan Chelsea pekan kemarin adalah gol Liga Premiernya yang ke-158, 159, dan 160 untuk Manchester City. Dengan tambahan itu menambah Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris sebagai Pencetak Gol Terbanyak City di Kompetisi Liga. Catatan 160 gol tersebut melampaui rekor bersama sebelumnya yaitu 158 gol yang dipegang oleh dua pemain sekaligus, Eric Brook dan Tommy Johnson.

#3. Pencetak Hatrik Terbanyak Premier League (11)

Hat-trick melawan Chelsea adalah torehan ketiga Aguero musim ini yang berarti kesebelas di Liga Premier. Dengan tiga gol teranyarnya, dia berhasil menyamai jumlah gol yang dikoleksi Alan Shearer sebagai pencetak hat-trick terbanyak Liga Premier. Meski kelihatan akan sulit dikejar, tapi Aguero harus tetap hati-hati. Harry sampai saat ini sudah mengukir delapan kali hatrik di EPL sampai saat ini.

#4. Pencetak Hatrik Terbanyak di Satu Stadion di Liga Inggris (9)

Gelontoran tiga golnya pada laga Chelsea itu juga hat-trick kesembilannya di stadion Etihad dan karenanya ia juga mencatat rekor hat-trick terbanyak oleh seorang pemain di satu tempat yang dipegang oleh Thierry Henry yang mencetak delapan hat-trick di Highbury. Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris bertambah kembali.

#5. Pencetak Hatrik Beruntun Pertama di EPL Sejak 2010

#6. Pencetak Gol Terbanyak Non-Eropa di Liga Inggris (160)

Dengan 160 gol, pemain Argentina ini juga menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak untuk pemain non-Eropa dalam sejarah Liga Premier. Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris ini terwujud berkat gol-golnya melampaui rekor Dwight Yorke dengan 123 gol yang sudah bertahan lumayan lama. Dwight Yorke adalah eks ujung tombak Manchester United asal Trinidad and Tobago.

#7. Pemain dengan Rasio gol dan assist terendah (di atas 200) Liga Premier (85 menit)

Hat-trick melawan Chelsea juga membawa gol dan assist Aguero di Liga Premier menjadi 201. Aguero akhirnya masuk sebagai salah satu dari sepuluh pemain yang mencapai angkadi atas 200. Yang terbanyak adalah Alan Shearer (324), Wayne Rooney (311), Frank Lampard (279), Ryan Giggs (271), Andy Cole (260), Thierry Henry (249), Teddy Sheringham (222), Steven Gerrard (212) dan Robbie Fowler (202).

Tapi di antara para pemain ini, Aguero memiliki menit terendah per gol atau rasio assist dengan 85. Dia unggul tipis di atas Henry (86). Angka terbaik berikutnya adalah milik Shearer (118). Aguero juga menjadi satu dari enam pemain yang mencatat lebih dari 200 gol dan assist di Liga Premier untuk satu klub. Sebuah Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris yang hanya bisa dilakukan oleh pemain-pemain istimewa saja.

#8. Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Laga (5)

Untuk pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan Liga Premier, Aguero tidak sendirian. Sebuah Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris adalah, dia menjadi pemain terakhir yang mengukirnya. Pemain Argentina itu melakukannya saat City menang 6-1 atas Newcastle United pada 3 Oktober 2015. Empat pemain lain yang sukses mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Premier adalah Andy Cole untuk Manchester United pada 1995 melawan Ipswitch Town, Alan Shearer untuk Newcastle United pada 1999 melawan Sheffield Wednesday, Jermain Defoe untuk Tottenham Hotspur pada tahun 2009 melawan Wigan Athletic, dan Dimitar Berbatov untuk Manchester United pada 2010 melawan Blackburn Rovers.

Itulah beberapa Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris. Itu masih bisa bertambah mengingat mantan menantu Diego Maradona ini diperkirakan masih aktif bermain hingga satu atau dua tahun ke depan. Salah satu rekor yang masih mungkin dijangkau oleh Aguero adalah sebagai Pencetak Gol Asing Terbanyak di Liga Premier. Selalu menjadi pilihan pertama Pep Guardiola juga menjadi alasan bagi Aguero untuk mengejar gelar ini. Syaratnya, Aguero harus mampu mencetak 16 gol lagi demi melampaui 175 gol milik Thierry Henry.

Namun, Catatan Apik Sergio Aguero di Inggris sepertinya tidak akan terwujud untuk gelar Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Premier League. Boleh dikata rekor ini mungkin berada di luar jangkauan Aguero, mengingat dia sudah berusia 30 tahun. Sampai saat ini Aguero berada di peringkat delapan daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Dengan koleksi 160 sekarang, maka dapat dipastikan Aguero dengan mudah dapat melampaui rekor peringkat ketujuh dan keenam Jermain Defoe (162 gol) dan Robbie Fowler (163 gol). Kalau tidak dihantui cedera, dipastikan rekor dua mantan penyerang timnas Inggris tersebut akan dilampaui Aguero di musiim ini. Peringkat pertama masih dipegang Alan Shearer (260), kemudian berturut-turut Wayne Rooney (208), Andy Cole (187), Frank Lampard (177), dan Thierry Henry (175).

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here