Kontroversi VAR Kalahkan Tuan Rumah Ajax

40
Kontroversi VAR kalahkan tuan rumah Ajax

Kontroversi VAR kalahkan tuan rumah Ajax Amsterdam saat menjamu juara bertahan Real Madrid pada leg 1 babak 16 besar UEFA Champions League. Babak perdelapanfinal Liga Champions Eropa 2018/2019 memang menjadi awal penggunaan VAR (Video Assistant Referee ) di ajang kompetisi antarklub termasyhur di tanah Eropa tersebut. Resminya, laga PSG melawan Manchester United ditetapkan sebagai laga pertama penerapan sistem teknologi kamera ini. Di dua laga pertama yang juga mempertemukan AS Roma dengan Porto FC tidak ada insiden yang sampai harus menggunakan VAR. Baru pada laga hari kedua, bantuan VAR dipakai oleh wasit.

Damir Skomina, wasit yang memimpin laga yang berlangsung di Amsterdam ArenA itu memanfaatkan bantuan VAR untuk pertama kali di Liga Champions. Sang pengadil asal Slovenia menganulir gol yang dicetak oleh bek Ajax Nicolas Tagliafico di menit 38. Dengan bantuan “asisten kamera” Skomina memutuskan salah satu pemain Ajax, Dusan Tadic berdiri dalam posisi offside. Tadic dianggap mengganggu kiper Los Blancos, Thibaut Courtois usai kiper asal Belgia itu menghadang sebuah sundulan dari tendangan pojok. Bola rebound dari tepisan tidak sempurna Courtois itulah yang disundul Tagliafico ke dalam gawang. Sebuah putusan kontroversi VAR kalahkan tuan rumah Ajax.

Keputusan pada Kamis, 14/2/2019 WIB itu memunculkan banyak protes dari berbagai pihak. Kontroversi VAR kalahkan tuan rumah Ajax, itu salah satu kritikan para penonton. Meski bila melihat tayangan ulang, keputusan wasit sangat menguntungkan Real Madrid. Sehingga banyak juga yang mengganggap pasukan Santiago Solari selamat dengan adanya teknologi ini. Ketidakpuasan atas keputusan wasit di laga itu dengan cepat bertebaran di media sosial. Terutama dari para haters klub asal ibukota Spanyol tersebut.

Sebenarnya VAR direncanakan akan digunakan di Liga Champions musim depan. Tetapi diuncurkan lebih awal karena UEFA tidak sanggup menolak lobi dari klub-klub top Eropa. Sehingga rencananya dirubah dan mulai diterapkan sejak fase gugur musim ini. Maka Kontroversi VAR Kalahkan Tuan Rumah Ajax, dan ini menjadi catatan sejarah penggunaan VAR di UEFA Champions Lague. Pertama kali dipraktekkan di wasit di lapangan dan pertama kali terjadi penganuliran gol melalui bantuan VAR.

Kontroversi VAR kalahkan tuan rumah Ajax

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here