Tottenham Sulit Kalahkan Manchester City

26

Dari empat utusan Liga Premier Inggris di Liga Champion Eropa, tiga diantaranya akan tampil dini hari nanti, Rabu (10/4/2019). Salah satu partai menarik babak perempatfinal tersebut adalah “derby EPL” antara tuan rumah Tottenham Hotspurs menghadapi Manchester City.

Perempat final Liga Champions kali ini menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Tottenham. Pertandingan melawan salah satu calon kuat peraih gelar Liga Inggris 2018/2019 tersebut akan menajadi laga Eropa pertama bagi Spurs yang digelar di stadion baru mereka, Tottenham Hotspur Stadium.

Kedua klub bertemu di perempatfinal setelah masing-masing mengalahkan klub asal Lembah Ruhr, Jerman. Spurs mempermalukan Borussia Dortmund yang lebih diunggulkan dengan agregat 4-0 (3-0, 1-0) di babak 16. Sementara Manchester City unggul agregat 10-2 (3-2, 7-0) setelah sempat kepayahan saat bertandang ke Schalke 04, balik mengamuk dengan gelontoran tujuh gol tanpa balas di Etihad Stadium.

during the Group B match of the UEFA Champions League between Tottenham Hotspur and PSV at Wembley Stadium on November 6, 2018 in London, United Kingdom.

Meski bermain di kandang, sepertinya The Citizen tetap diunggulkan untuk paling tidak membawa satu poin dari stadion berkapasitas 62,062 penonton tersebut. Satu catatan kurang menguntungkan Spurs juga terpapar. Dimana sejak 22 Februari hingga 2 April, anak asuh Mauricio Pochettino hanya memenangkan satu pertandingan di semua kompetisi. Rangkaian perjalanan buruk tersebut baru berakhir pada gameweek 32 Rabu lalu. Gol-gol dari Christian Eriksen dan Son Heung-min ke gawang Crystal Palace memutus rangkaian raihan jelek tersebut.

Spurs juga kalah dari Raheem Sterling dan kawan-kawan dalam pertemuan pertama di kompetisi Liga Inggris. Sebuah tendangan kaki kiri dari Riyad Mahrez membungkam pendukung Spurs yang saat itu masih main di stadion pinjaman, New Wembley Stadium.

Namun, apa pun ceritanya, Harry Kane jelas ingin menang di kandang baru mereka. Andai pun tidak mampu menang, paling tidak gawang yang dikawal Hugo mLloris tidak kebobolan.

Di sisi Manchester City, Pep Guardiola tetap mengejar kemenangan. Ambisi seluruh unsur Manchester Biru adalah tropi “Kuping Panjang”, sebutan untuk tropi Liga Champion Eropa. Tapi Pep mesti mewaspadai perkembangan Spurs yang dipenuhi bakat-bakat muda tim nasional Inggris. Eric Dier, Ben Davies, Kieran Trippier, Danny Rose, Dele Alli, dan Kane adalah skuad andalan Gareth Southgate.

Pep pasti cukup puas bila hanya mampu membawa pulang satu poin saja dari London Utara. Peluang leg kedua di kandang sendiri dipastikan akan lebih besar, apalagi bila mampu mencetak gol di salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di Inggris itu. Harapan tersebut akan semakin benderang setalah pada Senin, Sergio Aguero yang sama sekali absen pada laga semifinal FA Cup, terlihat mulai berlatih.

Satu klub Liga Inggris lainnya, Liverpool akan menjamu tamunya dari Portugal, Porto di Anfield Stadium di waktu yang sama.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here