Milinko-Savic Dua Bersaudara dari Tanah Balkan

55
Milinko-Savic Dua Bersaudara dari Tanah Balkan
Vanja i Sergej Milinković Savić foto M.Vukadinović

[dropcap]M[/dropcap]ilinko-Savic Dua Bersaudara dari Tanah Balkan – Salah satu gelandang andalan Serbia di Piala Dunia 2018, Sergej Milinko-Savic ternyata lahir dari keluarga olah raga. Ayahnya, Nicola Milinkovic adalah juga mantan pesepakbola profesional. Meski tidak pernah bermain untuk tim nasional Yugoslavia (kala itu) dan tidak pernah pun mencicipi liga-liga besar maupun klub elite.

Ayahnya sempat bermain di beberapa liga di daratan Eropa seperti : Liga Austria, Liga Spanyol, Liga Portugal, dan lain lain. Sedangkan sang ibu juga merupakan seorang atlet. Dia menggeluti cabang bola basket sebagai pemain profesional.

Sehingga tidak heran ketika Sergej memiliki adik yang berprofesi pemain sepak bola juga. Bedanya, sang adik, Vanja Milinko-Savic memilih bermain di posisi penjaga gawang bukan pemain lapangan seperti abangnya. Sergej sendiri bermain sebagai gelandang.

Sergej mulai meniti karirnya di Akademi Sporting Club di Portugal. Kebetulan ayahnya saat itu sedang bermain untuk klub Alverca. Status pemain profesional mulai dia jalani saat memperkuat klub Serbia, Vojvodina pada musim 2013-2014.

Hanya setahun berkompetisi di negara leluhurnya, Sergej pindah ke klub Belgia, Genk. Berselang duabelas bulan Sergej baru merasakan kerasnya Liga Italia ketika direkrut oleh I Biancocelesti.

Walaupun usia pemain kelahiran Lleida, Spanyol, 27 Februari 1995 ini masih belia, dia sudah menjadi rebutan sejumlah klub besar Eropa. Sergej yang sekarang bernaung di bawah agensi Mateja Kezman (mantan pemain nasional Yugoslavia dan Atletico Madrid) ini masih bertahan di klub Serie A Italia, Lazio.

Kontraknya dengan klub asal kota Roma yang dimulai sejak Agustus 2015 sudah diperbaharui pada April 2017 lalu dan baru akan berakhir pada musim 2021-2022.

Prestasi Sergej di tim nasional Serbia juga cukup mentereng, meski baru pada level yunior. Tapi cukup membanggakan. Bagaimana tidak, dua kali Sergej ikut membawa Serbia mengangkat tropi Piala Eropa U19 2013 dan Piala Dunia U20 2015.

Bahkan pada World Cup U20 2015, Sergej dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Ketiga mengikuti jejak kawan satu timya, penjaga gawang Pedrag Rajlovic yang menyabet Golden Glove, sebuah award untuk Kiper Terbaik. Penghargaan yang diraih Sergej dan Rajkovic melengkapi kesuksesan tim nasional Serbia yang merengkuh juara dengan menekuk Brasil 2-1 di final.

Padahal Tim Samba pada turnamen tersebut diperkuat oleh Malcom, Gabriel Jesus, dan Andres Pereira, talenta-talenta muda yang cukup menjanjikan yang sekarang masing-masing sudah merumput di klub-klub kaya Barcelona, Manchester City, dan Manchester United.

Goresan sang adik, Vanja juga tidak kalah dengan abangnya. Vanja yang kelahiran Spanyol juga, tepatnya di Ourense, 20 Februari 1997 ikut memberi andil atas gelar yang diraih Serbia pada Piala Dunia U20 2015. Vanja termasuk dalam daftar skuad Serbia yang berangkat ke Selandia Baru kala itu. Dia bergabung dengan sang abang.

Vanja yang sempat direkrut Manchester United, namun karena terhalang izin kerja dari Kementerian Tenaga Kerja Inggris, terpaksa harus dikembalikan ke klub asalnya di Serbia, Vojvodina. Klub yang juga sempat dibela abangnya.

Milinko-Savic Dua Bersaudara
Dok. Calciomercato24.com

Sempat singgah semusim lebih di klub Polandia, Lechia Gdansk, kiper yang bertinggi badan lebih dari dua meter ini akhirnya merambah ke Serie A Italia setelah ditawar kontrak oleh klub asal kota Turin, Torino.

Tampil sekali bersama Il Toro musim lalu, di edisi 2018-2019 diyakini Vanja akan mendapat menit bermain lebih banyak karena akan dipinjamkan ke klub Serie A lainnya, SPAL.

Bagaimana kelanjutan karir kedua kakak beradik ini, hanya waktu, kerja keras, dan nasib baik keduanya yang akan memberi jawaban. Tunggu saja. Milinko-Savic Dua Bersaudara dari Tanah Balkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here